Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa Akuntabilitas Pengelolaan  Dana Desa dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Telaga Itar Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong.


Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : 1).  Kuesioner atau Angket, 2). Dokumentasi. Metode pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik sampling insindental, jumlah yang diambil dari semua populasi berjumlah 30 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik kualitatif, dimana analisis data yang di pergunakan adalah analisis tabulasi yaitu analisa dengan menggunakan data-data tabulasi yang merupakan data olahan dari hasil penelitian yang dimasukkan kedalam tabel dengan menggunakan rumus frekuensi yang dikemukakan oleh Muhammad Ali (1985:184).


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Telaga Itar sesuai dengan jawaban yaitu 46,7% di kategorikan “Cukup Baik”, sehingga dapat disimpulkan bahwa Akuntabilitas Pengelolaan dana dalam Pembangunan Infrastruktur di Desa Telaga Itar sudah cukup baik.


Kata Kunci: Akuntabilitas, Pengelolaan Dana Desa, Pembangunan Infrastruktur