Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program keluarga harapan pada bidang pendidikan di Desa Bongkang Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong.


Penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif. Proses analisis data di mulai dengan menelaah seluruh data yang diperoleh baik melalui hasil observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Sampel yang diambil merupakan keseluruhan populasi yaitu 30 orang. Teknik analisa dalam penelitian ini di deskripsikan dengan cara analisis persentase.


Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program keluarga harapan pada bidang pendidikan di Desa Bongkang Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong di tinjau dari indikator penetapan peserta PKH, penyaluran bantuan dana bantuan sosial dan pendampingan, tanggapan responden pada jawaban Sangat Terimplementasi nilai 28 dengan persentase 10,37%, jawaban Terimplementasi nilai 103 dengan persentase 38,15%, jawaban Cukup Terimplementasi nilai 129 dengan persentase 47,78%, jawaban Tidak Terimplementasi nilai 10 dengan persentase 3,70% dan tidak ada jawaban Sangat Tidak Terimplementasi. Dari persentase tersebut yang paling dominan ada pada jawaban Cukup Terimplementasi denggan persentase 47,78%.


Kata Kunci: Implementasi, Program keluarga Harapan, Desa Bongkang