Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dan seberapa besar pengaruh kinerja aparat desa terhadap kepuasan masyarakat dalam pembuatan akta kelahiran.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan jumlah responden dari masyarakat sebanyak 30 orang dengan menggunakan sampel teknik sampling jenuh, dimana semua responden dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan untuk metode pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi, Kuesioner merupakan instrumen pertama untuk pengumpulan data penelitian dan instrumen yang kedua menggunakan data dokumentasi. Dalam analisis data yang digunakan adalah Generalized Strutured Component Analysis (GSCA).


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara Kinerja (X) terhadap Kepuasan Masyarakat (Y) pada kantor desa Pasar Panas Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong. Adapun pengaruh Kinerja terhadap Kepuasan Masyarakat sebesar 0.523 atau 52.3% dan sisanya 47.7% dipengaruhi oleh variabel lain seperti kedisiplinan, kepemimpinan, kualitas layanan, dan lain-lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


Kata Kunci : Kinerja, Kepuasan Masyarakat,  Akta Kelahiran