Abstract

Tujuan penelitian: 1. Untuk mengetahuidan menganalisis Kualitas Pelayanan. 2. Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menghambat dalam Pelayanan.Manfaat penelitian secara teoritis, mengetahui dan mempelajari seberapa besar kualitas pelayanan. Secara praktis diharapkan dapat memberikan saran atau masukan dan memberi informasi.


Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Indikator penelitian: Kecermatan petugas, Standar pelayanan, Kemampuan petugas, Keahlian petugas, Faktor penghambat pelayanan. Sampel yang digunakan 50 orang dengan aksidental sampling.


Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan Penerbitan Kartu Keluarga dilihat dari aspek reliability adalah berkualitas (78,1%). Faktor yang menjadi hambatan kualitas pelayanan dalam Penerbitan atau Pembuatan Kartu Keluarga adalah berkas-berkas yang dibawaoleh masyarakat untuk persyaratan penerbitan atau pembuatan Kartu Keluarga cenderung masih belum lengkap.


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kartu Keluarga