Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada : 1) Pengaruh Kualitas Pelayanan SKTLK terhadap Kepuasan Masyarakat . 2) Seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan SKTLK terhadap Kepuasan Masyarakat pada Polsek Murung Pudak Kabupaten Tabalong.


Dalam penelitian menggunakan teknik simple random sampling dimana teknik pengambilan sampel diambil secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada  didalam populasi itu menggunakan rumus slovin. Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari, dimana populasi dimaksud adalah seluruh masyarakat yang telah mendapatkan pelayanan SKTLK pada Polsek Murung Pudak selama satu bulan yang berjumlah 135 orang dan dibulatkan menjadi 100 responden . Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala likert 4 poin dengan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan penggabungan beberapa metode yakni Kuesioner, Particifant Observation serta dokumentasi , kemudian data yang dikumpulkan diuji menggunakan regresi linear sederhana yang  dihitung menggunakan Program SPSS Versi 23.


Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kualitas pelayanan SKTLK bepengaruh signifikan  terhadap kepuasan masyarakat pada Polsek Murung Pudak. 2) Kualitas pelayanan SKTLK berpengaruh sebesar 95,8 % terhadap kepuasan masyarakat, sedangkan sisanya 4,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.


Kata kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Masyarakat