Abstract

Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan salah satu instrumen paling penting dalam administrasi kependudukan. Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan. Dalam proses pelayanan pembuatan KTP sebagian masyarakat masih belum merasa puas atas pelayanan yang didapatkan.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Pembuatan E-KTP Dilihat Dari Aspek Responsiveness (Daya Tanggap) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong, serta mengetahui faktor penghambat dalam kualitas pelayanan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu angket / kuisioner, observasi dan dokumentasi.


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk dilihat dari aspek Responsiveness (daya tanggap) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tabalong sudah bisa dikatakan “Berkualitas” dengan hasil 63,1%. Adapun faktor penghambat yang ditemukan yaitu kurangnya kepedulian pegawai dalam proses pelayanan pengambilan foto dan blangko yang sering kali kosong.


Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Kartu Tanda Penduduk Elektronik