Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) pada Pembangunan Infrastruktur Jalan Perkebunan Di Desa Padangin Kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalong serta mengetahui dan menganalisis faktor-faktor penghambat Imlementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) pada Pembangunan Infrastruktur Jalan Perkebunan Di Desa Padangin Kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalong.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi dan angket dengan 30 informan. Pada penelitian ini menggambarkan data kualitatif yang diperoleh menyangkut keadaan subjek atau fenomena dari sebuah populasinya dengan menggunakan rumus yang di kemukakan oleh Muhammad Ali (1984).


Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) pada Pembangunan Infrastruktur Jalan Perkebunan di desa Padangin Kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalong Terimplementasi yaitu 64,48%. Faktor penghambat dari Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) pada Pembangunan Infrastruktur Jalan Perkebunan di desa Padangin Kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalong yakni tidak adanya dukungan dari dana lain.


Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan ADD, Pembangunan Jalan