Abstract

Partisipasi merupakan suatu elemen penting dalam pembangunan dan merupakan suatu proses adaptasi masyarakat terhadap perubahan yang sedang berjalan. Dengan demikian partisipasi mempunyai posisi yang sangat penting.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis partisipasi masyarakat pada program pos pelayanan terpadu (POSYANDU) di Desa Ampari Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur. Metode penelitian menggunakan pendekatan jenis deskriptif kuantitatif dengan jumlah reponden 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik angket dan teknik analisis data menurut Muhammad Ali yakni model distribusi fekuensi.


Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi masyarakat pada program pos pelayanan terpadu (POSYANDU) di Desa Ampari “Cukup Tinggi”. Meskipun partisipasi masyarakat dinilai cukup tinggi, masih ada terdapat beberapa kekurangannya, untuk itu penulis memberi saran yaitu kepada para kader posyandu Desa Ampari agar lebih memperhatikan pelayanan di bidang penggulangan diare agar dapat meningkatkan partisipasi dari masyarakat. Sehingga dapat terwujudnya sebuah pelayanan yang baik oleh kader posyandu serta partisipasi yang tinggi dari masyarakat.


Kata kunci: Partisipasi, Masyarakat, Posyandu