Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dilihat Dari Aspek Akuntabilitas di Desa Hayub Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong. Metode penelitian yang digunakan adalah  deskriptif-kualitatif dengan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan Kuesioner atau angket dengan responden berjumlah 30 orang.


 Tehnik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan presentase (%). Kemudian data yang diperoleh dari responden kemudian di analisis atau diolah deskriptif kualitatif. Data yang ditulis oleh penulis dari hasil akan diolah dan disajikan dalam bentuk tabulasi distribusi frekuensi. Tabulasi adalah proses penempatan atau meletakkan data yang sesuai dengan kebutuhan analisis.


Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dilihat Dari Aspek Akuntabilitas di Desa Hayub Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong dapat dikatakan cukup akuntabel dimana dari hasil rekap presentase responden yang saya teliti nilai yang tertinggi adalah 37,11% .


Kata Kunci: Pengelolaan, Alokasi Dana Desa, Akuntabilitas