Abstract

Penelitian tentang implementasi program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) dalam mengatasi pemukiman kumuh di Kelurahan Agung penting untuk dilakukan, hal tersebut bertujuan agar tata ruang dan drainase yang buruk dapat diatasi karena padatnya penduduk dan penambahan instalasi listrik, PDAM, dan Indie Home yang secara bergantian merusak jalan dan trotoar, sehingga pada saat musim hujan, air hujan menggenang dan membuat banjir khususnya di daerah Kelurahan Agung


Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif secara analitik yaitu mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, sehingga hanya merupakan penyingkapan fakta. Proses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang diperoleh baik melalui hasil observasi, dan kuesioner/angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Sampel yang diambil berjumlah 30 orang. Teknik analisa dalam penelitian ini dideskripsikan dengan cara menggunakan analisis persentase.


Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) dalam mengatasi pemukiman kumuh di Kelurahan Agung di tinjau dari indikator sumber-sumber kebijakan, komunikasi antar organisasi dan kegiatan pelaksanaan, dan sikap para pelaksana, tanggapan responden pada jawaban Sangat Terimplementasi nilai 133 dengan persentase mencapai 49%, jika dimasukan ke dalam range tabulasi yang ada di metode penelitian maka persentase tersebut berada pada jawaban cukup Terimplementasi.


Kata Kunci : Implementasi, program KOTAKU, Kelurahan Agung