Abstract

Agar segala kegiatan penyelenggaraan pemerintah berjalan secara dinamis seorang pemimpin perlu memotivasi bawahan dengan memberikan semangat, mengawasi dan memahami segala tindakan bawahannya guna memperbaiki dan memperlancar pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan dan menganalisis Peran Kepala Desa Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Aparat Kantor Desa Sungai Rukam I Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong. 2) Untuk menjelaskan dan menganalisis faktor-faktor apa sajakah yang menghambat Peran Kepala Desa Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Aparat Kantor Desa Sungai Rukam I Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong.


Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah 12 orang aparat desa, ketua rt 4 orang dan masyarakat 14 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan wawancara dan angket dan di analisis menggunakan menggunakan rumus frekuensi yang dikemukakan oleh Muhammad Ali (1998).


Hasil penelitian tentang Peran Kepala Desa sebagai Motivator dalam meningkatkan kinerja Aparat di Kantor Desa Sungai Rukam I Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong sudah cukup berperan. Hal ini dapat dilihat dari hasil rekapitulasi dengan presentasi 56,2%.


Kata Kunci: Peran Motivasi Kepala Desa, Kinerja