Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui dan menganalisis sistem pelayanan izin IMB di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Kabupaten Barito Timur. 2. Untuk memahami dan menganalisis faktor- faktor apa yang menghambat sistem pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Kabupaten Barito Timur.


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, angket, dan studi kepustakaan. Indikator penelitian : prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, produk pelayanan, biaya pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas pelayanan. Sampel yang di gunakan sebanyak 13 orang.


Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan pada Dinas Penenaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Barito Timur maka dapat di simpulkan bahwa sistem pelayanan izin mendirikan bangunan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) memperoleh persentase 67.94% dan dapat di kategorikan efektif.


Kata Kunci : Efektivitas, sistem pelayanan IMB