Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang optimalisasi intensifikasi pemungutan pajak bumi dan bangunan di Kabupaten Tabalong. untuk mengetahui pelaksanaaan intensifikasi pemungutan pajak bumi dan banguanan yang dilaksanakan oleh Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong.


Jenis pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dengan pihak KABID PBB & BPHTB dan angket kepada masyarakat sebanyak 60 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan skala Guttman digunakan untuk mendapat jawaban yang tegas terahdap masalah yang ditanyakan,


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah di Kabupaten Tabalong telah melakukan intensifkasi untuk meoptimalisasikan pendapat pajak dengan melakukan pembinaan dan sosialisasi terhadap peraturan pajak daerah kepada masyarakat selaku wajib pajak. Meskipun telah dilakukan pembinaan serta sosialisasi tetapi masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui telah dilakukannya program tersebut hal itu dikarenakan kegiatan pembinaan dan sosialisasi belum dilakukan secara merata pada tiap kecamatan karena kekurangnya SDM dan karena wilayah Kabupaten Tabalong yang dapat dikatakan cukup luas maka pihak dari Kantor Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah belum dapat menjangkau tiap kecamatan dan desa yang ada di wilayah Kabupaten Tabalong.


Kata kunci: Intensifikasi, Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB- P2), Optimalisasi, Pendapatan Daerah, Target dan Realisasi PBB-P2.