Abstract

Penelitian tentang Pemberdayaan Anak Yatim Piatu Dan Kurang Mampu Di Bidang Pendidikan Nonformal Pada Panti Asuhan Kasih Ibu Mabuu Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong Untuk mengetahui : 1) bagaimana Pemberdayaan Anak Yatim Piatu dan Kurang Mampu di Bidang Pendidikan Nonformal pada Panti Asuhan Kasih Ibu Mabuun Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong; 2) Untuk mengetahui apa yang menjadi faktor penghambat pemberdayaan yang dilakukan di Panti Asuhan Kasih Ibu Mabuun.


Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Yaitu penulis terjun langsung kelapangan untuk menggali data yang diperlukan sesuai dengan masalah yang diteliti, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer yang yang di peroleh dalam penelitian ini dari wawancara informan yang berjumlah 5 orang, terdiri dari pengurus, pengasuh, dan anak asuh yang ada di panti asuhan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemberdayaan Anak Yatim Piatu dan Kurang Mampu di Bidang Pendidikan Nonformal pada Panti Asuhan Kasih Ibu Mabuun Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong dalam kegiatan habsyi cukup berdaya; (2) Faktor penghambat pemberdayaan yang dilakukan di Panti Asuhan Kasih Ibu Mabuun antara lain Manajemen tidak memiliki keahlian yang cukupĀ  dalamĀ  proses pemberdayaan, Kurangnya waktu yang di perlukan, Manajemen gagal dalam menyediakan feedback.


Kata Kunci : Pemberdayaan Anak Yatim Piatu, Pendidikan Nonformal, Panti Asuhan