Abstract

Teknologi komunikasi dan elektronik sudah berkembang sedemikian pesat, sehingga menyebabkan bidang pendidikan turut mengalami peningkatan dalam hal kualitas, kecepatan, kepraktisan dan juga kemudahan.Ujian konvensional pun bergeser ke arah komputerisasi, salah satunya dengan adanya ujian online. Dengan munculnya internet, dimana komputer-komputer dapat saling terhubung membentuk jaringan luas yang terdiri dari ribuan komputer diseluruh dunia. Evaluasi ujian nasional dengan sistem online memiliki kelebihan yang tidak mungkin diperoleh pada evaluasi dengan sistem manual atau evaluasi konvensional, yaitu pada kecepatan pengolahan hasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pelayanan aspek tangible dan menganalisis pelayanan Ujian Nasional sistem berbasis online di MTs Negeri 4 Tabalong; (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan Ujian Nasional sistem berbasis online di MTs Negeri 4 Tabalong. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan sampel sebanyak 30 siswa. Lokasi penelitian di MTs Negeri 4 Tabalong dengan teknik pengumpulan data : (1) observasi; (2) angket; (3) dokumentasi; (4) studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelayanan ujian nasional berbasis online dilihat dari aspek tangible (berwujud) di MTs Negeri 4 Tabalong dikategorikan cukup baik 58,22%; (2) Faktor penghambat dari Pelayanan ujian nasional berbasis online dilihat dari aspek tangible (berwujud) di MTs Negeri 4 Tabalong adalah jumlah komputer yang tidak sesuai dengan jumlah siswa.


Kata Kunci : Pelayanan Tangible, Ujian Nasional Berbasis Online