Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Apotek K-24 Tanjung Tabalong, kerangka penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan indikator kualitas pelayanan yang terdiri dari penelitian Tangibles, Empathy, Reliability, Responsive dan Assurance. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakan GSCA. Hasil dari penelitian ini yaitu Ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Apotek K-24 Tanjung Tabalong. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Apotek k-24 Tanjung Tabalong adalah sebesar 57,9% dan sisanya sebesar 42,1% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu faktor motivasi,kompensasi dan pimpinan.


Kata Kunci : Kualitas,Kepuasan Masyarakat