Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Dilihat Dari Aspek kehandalan di Puskesmas Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong (Studi Kasus pada Poli Umum) Dan Untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang menghambat Kualitas Pelayanan Kesehatan Dilihat Dari Aspek kehandalan di Puskesmas Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong (Studi Kasus pada Poli Umum.


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Diskriptif dengan metode Kualitatif, pembahasan konsep dasar penelitian untuk memperoleh kesimpulan yang di dapat dari data primer dan data sekunder. Untuk mendapatkan sejumlah data sejauh mana penilaian masyarakat terhadap kualitas pelayanan kesehatan khususnya di Poli Umum Puskesmas Tanjung dengan teknik angket.


Hasil penelitian menunjukan bahwa : Kualitas Pelayanan Kesehatan Dilihat Dari Aspek kehandalan di Puskesmas Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong ( studi kasus pada Poli Umum ) sudah cukup baik. Faktor yang menjadi penghambat pada kualitas pelayanan tersebut adalah dari segi Sumber Daya Manusia seperti masih adanya beberapa pegawai yang belum memahami tugas-tugasnya, kekurangan petugas kesehatan yang melayani masyarakat, masih ada petugas kesehatan yang dalam bertugas kurang profesional serta lahan parkir yang kurang strategis.


Kata kunci : Kualitas, Layanan Kesehatan , Poli Umum