Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Evaluasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Pamarangan Kiwa. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sumber data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung kepada narasumber yang berjumlah 5 orang dan data sekunder berupa tulisan atau dokumentasi serta laporan-laporan yang berkaitan dengan Kebijakan Dana (BOP) tahun 2019. Lokasi penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan Pamarangan Kiwa RT 05. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan analisis data Miles dan Huberman (2014) adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa mekanisme penggunaan dana BOP sudah efektif, efesien, transparan, adil, akuntabel, kepatutan dan manfaat yang dapat dirasakan oleh semua anak-anak dan orang tua murid dengan adanya BOP ini. Mengenai pelaporan Dana BOP sudah transparansi kepada orang tua murid, serta Pengawasan BOP selalu diawasi oleh Dinas Pendidikan Dibidang PAUDNI. Dari hasil penelitian saya menunjukkan bahwa Kebijakan Dana Bantuan Operasional Pendidikan Di TK Tunas Harapan Pamarangan sudah berhasil.


Kata Kunci : Evaluasi, Kebijakan, BOP