Abstract

Kepala Desa merupakan pimpinan tertinggi di desa. Oleh kerena itu Kepala Desa bertanggung Jawab penuh atas Roda pemerintahan yang ada di Desa Peran kepala desa merupakan hal yang sangat penting dalam perjalanan Organiasi PKK , terlebih lagi dalam Proses Pengambilan Keputusan yang ada dalam organisasi PKK.


Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui : 1) Peran Kepala Desa Sebagai Pengambil Keputusan dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Tangkan Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur ( Studi Kasus Pelatihan memasak dan membuat kue kelompok ibu-ibu PKK Desa tangkan ). 2) Faktor yang menjadi penghambat Peran Kepala Desa Sebagai Pengambil Keputusan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Tangkan Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur dengan menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif.


Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan proses wawancara dan observasi dan teknik analisis data menurut Miles, Huberman dan saldana 2014 yakni :1. Reduksi Data 2. Penyajian Data 3. Kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala desa sebagai pengambil keputusan dalam pemberdayaan masyarakat sudah baik dapat dilihat dari hasil wawancara dan observasi. Namun penghambat dari peran pengambil keputusan yaitu, Waktu, Tenaga dan Biaya.Meskipun Peran kepala desa sebagai pengambil keputusan sudah baik namun masih ada kekurangannya, untuk itu penulis member saran yaitu kepala desa lebih mengoptimalkan perannya agar program PKK yang sudah ada bisa berkembang, melibatkan masyarakat dalam setiap program yang ada di desa.


Kata Kunci : Peran Kepala Desa ; Pengambil Keputusan ; Pemberdayaan Masyarakat