Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh lingkungan kerja (X) terhadap motivasi kerja (Y) aparat desa di kantor Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur


Penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu untuk menguji teori - teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel. Populasi penelitian menggunakan 40 orang responden (aparat desa). Menurut teori Arikunto (2006 :


231) apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua tetapi jika jumlah subjeknya besar, dapat diambil antara 10-15% atau 20-25%. Menggunakan teknik simple random sampling yaitu teknik yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, sehingga dengan teknik ini akan memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi.


Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja aparat desa di kantor Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur diperoleh nilai estimasi sebesar 0.391 dengan CR sebesar 2.51*. Besarnya pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja aparat desa di kantor Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur dapat dilihat dari AFIT = 0.442 yang artinya nilai AFIT berkonstribusi dengan nilai 44.2% artinya pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja aparat desa di kantor Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur sebesar 44.2% dan sisanya 55.8% di pengaruhi oleh faktor lain diluar dari indikator yang digunakan dari penelitian ini.


Kata kunci : Lingkungan Kerja ; Motivasi