PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Fera Safitri Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Jamaludin Jamaludin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

kemampuan, motivasi, kerja, motivasi kerja, kinerja pegawai

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kemampuan terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong, menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong  serta untuk menganalisis pengaruh kemampuan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan jumlah sampel dari responden sebanyak 30 orang dengan menggunakan sampel teknik sampling jenuh dimana semua responden dijadikan sebagai sampel. Kuesioner merupakan instrumen pertama yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian dan instrumen yang kedua menggunakan data dokumentasi, dalam analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS (Statistical Pakackage For Social Sciences) Versi 23.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh tetapi tidak signifikan antara Kemampuan (X1) terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Yaitu nilai kemampuan thitung 1,112 < dari ttabel yaitu 2,048 dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,276. Ada pengaruh tetapi tidak signifikan antara Motivasi Kerja (X2) terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Yaitu nilai motivasi thitung 1,829 < 2,048 dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,078. Ada pengaruh kemampuan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Murung Pudak. Adapun besaran pengaruh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,083 atau 08,3 % dan sisanya 91,7% di pengaruhi oleh faktor lainnya.

Kata Kunci : Kemampuan, Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.
Gibson, James L. 1990. Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. (jilid II). Jakarta: Erlangga.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kumorotomo, Wahyudi. 1996. Meningkatkan Kinerja BUMN: Antisipasi Terhadap Kompetisi dan Kebijakan Deregulasi. Yogyakarta: JKAP No. 1.
Kusriyanto, Bambang. 1991. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Pasolong, Harbani. 2014. Teori Administrasi Publik. Alfabeta, Bandung.
Pasolong, Harbani. 2016. Metode Penelitian Administrasi Publik. Alfabeta. Bandung.
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Widyasari. 2003. Strategi Pengembangan Kompetensi SDM Indonesia Dalam Memasuki Era Global. FOKUS EKONOMI, Vol. 2, No. 2.
Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).
Pedoman Penulisan Skripsi Tahun Akademik 2018/2019. Sekolah Ilmu Administrasi Tabalong.
M. Yahya dan Ika Sapnawati (2012), Intensitas Human Relations, Kematangan Kepribadian Karyawan, dan Tingkat Roduktivitas Kerja.
Ivanti Andriana Nurvaeni (2015), Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Kesiapan Menghadapi Pensiun Pada Guru SD di Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2015-2016.
Edy Sutrisno (2013), Kematangan Emosional, Percaya Diri dan Kecemasan Pegawai Menghadapi Masa Pensiun, Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan kematangan emosional dan percaya diri dengan kecemasan menghadapi masa pensiunan.
Adlina Yulianti Dyah Suryadiningrum, dkk (2014), Pengaruh Kematangan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Karyawan Himalaya Garment Kota Malang).

Published

2020-01-08

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>