Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kemampuan terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong, menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong  serta untuk menganalisis pengaruh kemampuan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan jumlah sampel dari responden sebanyak 30 orang dengan menggunakan sampel teknik sampling jenuh dimana semua responden dijadikan sebagai sampel. Kuesioner merupakan instrumen pertama yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian dan instrumen yang kedua menggunakan data dokumentasi, dalam analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS (Statistical Pakackage For Social Sciences) Versi 23.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh tetapi tidak signifikan antara Kemampuan (X1) terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Yaitu nilai kemampuan thitung 1,112 < dari ttabel yaitu 2,048 dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,276. Ada pengaruh tetapi tidak signifikan antara Motivasi Kerja (X2) terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Yaitu nilai motivasi thitung 1,829 < 2,048 dengan tingkat signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,078. Ada pengaruh kemampuan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Murung Pudak. Adapun besaran pengaruh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,083 atau 08,3 % dan sisanya 91,7% di pengaruhi oleh faktor lainnya.


Kata Kunci : Kemampuan, Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai