Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja pegawai dan mengetahui sejuah mana pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja pegawai pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tabalong.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sumber data pada penelitian ini adalah mengambil sampel dari pegawai Dinas Perindustrian dan perdagangan kabupaten Tabalong sebanyak 32 orang. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik perhitungan statistik SPSS 23 untuk mendapatkan hasil signifikan dua variabel yang berhubungan yaitu gaya kepemimpinan transformasional dengan disiplin kerja pegawai dan kemudian dilakukan pengujian hipotesa melalui uji regresi linier sederhana mengenai pengaruh dari dua variabel yaitu X (gaya kepemimpinan transformasional) terhadap variabel Y (disiplin kerja pegawai).


Hasil dari penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja pegawai pada dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten Tabalong. Besarnya pengaruh adalah sebesar 87,2% dan sisanya 12,8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dijelaskan dalam model tersebut.


Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Transformasional, Disiplin Kerja Pegawai