Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Persepsi Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Ujian Teori Pembuatan Surat izin Mengemudi (SIM) di PolresTabalong (Studi Pada Uji Teori Surat Izin Mengemudi Polres Tabalong.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan teknik kualitatif, dimana analisis data yang dipergunakan adalah analisis tabulasi yaitu analisa dengan menggunakan data-data tabulasi yang merupakan data olahan dari hasil penelitian yang dimasukkan kedalam tabel dengan menggunakan rumus frekuensi yang dikemukakan oleh Muhammad Ali (1989).Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : 1). Observasi (pengamatan Lapangan), 2) Kuesioner atau angket, 3) Wawancara, 4) Dokumentasi. jumlah sampel yang diambil dari semua populasi berjumlah


30 responden dari peserta Uji Teori SIM. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi Masyarakat terhadap Uji Teori SIM Polres Tabalong ini sesuai dengan persentasi jawaban responden yaitu 58,73% (lima puluh delapan koma tujuh puluh tiga persen) responden mengatakan Baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa Uji Teori SIM Polres Tabalong sudah berjalan dengan baik sesuai Standar Opersional Prosedur (SOP).


Kata Kunci : Persepsi , Uji Teori SIM