Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengelolaan arsip dinamis pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong, serta yang mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang menghambat Pengelolaan Arsip Dinamis pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara deskriptif. Dimana instrumen utama dalam penelitian adalah pedoman wawancara. Sumber data yang digunakan adalah Key informan yaitu Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong, Kepala Sub Bagian Umum Dan Kepegawaian Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong dan Pegawai pada bidang kearsipan di bagian Tata Usaha Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara.


Hasil penelitian tentang Pengelolaan Arsip Dinamis Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong yang sudah terlaksana dengan baik, namun belum maksimal, pengelolaan arsip meliputi sistem penyimpanan, fasilitas arsip yang memenuhi syarat, petugas kearsipan dan lingkungan kerja kearsipan. Masing dokumen sudah dicatat dengan menggunakan prosedur pencatatan menggunakan buku agenda dan buku ekspedisi, penyimpanan arsip menggunakan asas desentralisasi yang penyimpanan berkas atau arsipnya dikelola oleh unit kerja atau bagian bidang masing-masing. Sistem penyimpanan arsipnya menggunakan jenis penyimpanan tetap, prosedurnya menggunakan sistem abjad dan angka atau nomor. Faktor – faktor penghambat tidak tersedianya arsiparis, kurangnya tenaga pegawai, pegawai arsiparis tidak ahli dalam bidang arsiparis dan lingkungan kerja yang kurang memadai.


Kata Kunci : Pengelolaan, Arsip Dinamis