Abstract

Peranan sumber daya manusia sangat penting karena merupakan unsur yang paling menentukan dalam proses pembangunan khususnya sumber daya pegawai yang merupakan mesin penggerak berjalannya roda pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat


Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan. (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan.


Menggunakan metode kuantitatif untuk menguji teori - teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel.Populasi 40 orang pegawai kecamatan Tanjung. Menggunakan  teknik simple random sampling yaitu teknik yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, sehingga dengan teknik ini akan memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi. Metode analisis menggunakan program GesCA.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikan sebesar 32.46* antara gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan (2) Besarnya pengaruh gaya kepemimpinan transformasional sebesar 55.7% terhadap kinerja pegawai pada kantor kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan dan sisanya 44.3% di pengaruhi oleh faktor lain diluar dari indikator yang tidak digunakan dari penelitian ini yaitu faktor motivasi dan komunikasi.


Kata kunci : Kepemimpinan Transformasional ; Kinerja Pegawai