Abstract

Penelitian ini dilakukan unuk mengevaluasi program pemberdayaan masyrakat dalam penggunaan dana desa di desa Kitang Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong (Studi pada pelatihan menjahit).


Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Model Kualitatif  dengan menggunakan analisis deskriptif dan untuk memperoleh data penelitian dengan menggunakan pengamatan langsung dilapangan, serta wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai adalah model analisis interaktif ( interaktive model of analysis) dari mattew B.Milles dan A.Michael Huberman  yang meliputi kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.


Berdasarkan dari penelitian dilapangan dan analisis yang data yang telah dilakukan oleh peneliti, hasil penelitian yang diperoleh bahwa program pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan dana desa pada kegiatan pelatihan menjahit di desa Kitang Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong  telah berhasil sesuai dengan pendekatan pemberdayaan (5P);  Pertama ,Pemungkinan sudah terpenuhi karena memungkinkan potensi masyarakat berkembang secara optimal. Kedua, Penguatan sudah terpenuhi karena dapat memperkuat pengetahuan dan kemampuan masyarakat untuk memecahkan masalah.Ketiga, Perlindungan sudah terpenuhi karena sudah dapat melindungi masyarakat kelompok lemah dari tekanan kelompok kuat. Keempat, Penyokongan sudah terpenuhi karena dapat menyokong kehidupan masyarakat agar tidak terjatuh kedalam kondisi terburuk/ terpinggirkan. Kelima, Pemeliharaan juga sudah terpenuhi karena mampu memelihara kondisi agar suasana tetap kondusif dimasyarakat.


Kata Kunci : Evaluasi ; Pemberdayaan ; Masyarakat