Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana peranan kepala desa dalam pembangunan infrastruktur desa berupa jalan dan jembatan perkebunan serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat pembangunan infrastruktur Desa Pulau Ku’u Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.


Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif dengan teknik kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis yang digunakan menurut Miles, Hurberman, dan Saldana (2014:14), Analisis data dengan cara Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Varifikasi dan Penarikan Kesimpulan.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ;1. Peranan Kepala Desa dalam Pemberdayaan masyarakat pada pembangunan infrastruktur desa Pulau Ku’u berupa jalan dan jembatan perkebunan peranan Kepala Desa sudah cukup baik walaupun harus ada perbaikan dan perubahan dari Kepala Desa 2. Faktor penghambat Peranan Kepala Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur Desa Pulau Ku’u Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong yaitu: (a) Faktor kondisi penduduk yang majemuk dan sulitnya menerima perubahan, (b) Faktor partisipasi penduduk, (c) Faktor fasilitas atau peralatan. Agar Peranan Kepala Desa baik Kepala Desa harus lebih aktif, cepat tanggap, sering mengawasi secara lansung pembangunan jalan dan jembatan desa, memberikan informasi kepada semua masyarakat, selalu terlibat pembangunan, sering memberikan motivasi dan sebagainya kepada bawahan serta masyarakat terkait pembangunan jalan dan jembatan perkebunan.


Kata Kunci : Peranan Kepala Desa ; Pemberdayaan masyarakat