PENGARUH DEWAN DIREKSI, KOMITE AUDIT TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI PADA PERUSAHAAN LQ-45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018)

Authors

  • Rahmi Baihaki Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Indriati Sumarni Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Saroyo Saroyo Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

komite audit, dewan direksi, profitabilitas

Abstract

Penelitian ini di fokuskan untuk menganalisis pengaruh Dewan Direksi dan Komite Audit terhadap profitabilitas perusahaan perbankan pada LQ-45 yang di proxy Return On Equlity (ROE) dan Return On Assets (ROA) terhadap 5 perusahaan perbankan yang bertahan cukup lama eksis di bursa efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh komite audit dan dewan direksi terhadap profitabilitas perusahan perbankan pada LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara dua variabel antara komite audit (X1) terhadap profitabilitas (Y) dan Dewan Direksi (X2) terhadap Profitabilitas (Y). dari hasil uji Validitas dimana seluruh nilai item r hitung lebih besar dibandingkan dari nilai r tabel/nilai kritisnya. Yang kedua dilihat dari hasil uji reliabilitas diketahui bahwa Nilai komite audit sebesar 1.4% dan dewan direksi mempengaruhi sebesar 8,6% dengan total pengaruh sebesar 10% dan 90% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: Komite Audit, Dewan Direksi dan Profitabilitas

References

DAFTAR PUSTAKA
Brealy, R., Myers, S., & Marcus, A. (1996). Fundamentals of Corporate Finance: Internasional Edition. USA: McGraw-hill Inc.
Brigham, Eugene F danjoel F Houston. 2014, Fundementals of Financial Management: Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Buku satu Edisi Kesepuluh Jakarta: Selemba Empat.
Daniri, Mas Ahmad. 2006. Good Corporate Governance, KonsepdanPenerapannyadalamK onteks Indonesia. Jakarta: Ray Indonesia.
Diana Istighfarin. (2015). “Pengaruh Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Pada Badan Usaha Milik Negara”. E-Jurnal Akuntansi Udayana Vol. 13
Fahmi, Irham. 2011, Pengaruh Model Prediksi Kebangkrutan Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Opini Audit Going Concern ( Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta), Desertasi Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya. 24, 89-105.
Hermuningsih, Sri. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunit, Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik di Indonesia.Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan.
Imam Ghozali,, 2012, Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Jansen, Michael and William Meckling, 1976. Theory ot the firm: Manajereal Behavior, Agency Cost and Ownershi. Journal of Financial Economic, Pg: 305-360
Jogiyanto, H.M (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Keempat. BPFE. Yogyakarta.
Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kurnianingsih, Retno, dan Bambang Supomo. 2015. Peran, komposisi dan Kinerja Komite Audit. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 1(2), Agustus, 149-155.
Kusumandari, Imas, 2016, Pengaruh Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Komite Audit, Kepemilikan Perusahaan lain dan Kepemilikan Manajerial terhadap profitabilitas Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015,Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Skripsi
Kuswiranto, Bonifasius Aji. 2016. Memulai Usaha Itu Gampang. Jakarta: PT Visimedia Pustaka
Mulyadi, Roza, 2017, Pengaruh Karakteristik Komite Audit dan Kualitas Audit Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2011- 2015), Jurnal Akuntasi Vol 4 No.2.
Nasution, M dan Setiawan, D. 2007. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Di Industri Perbankan Indonesia. Prosiding, Simposium Nasional Akuntansi X, Juli 2007, Makassar.
Nurjannah, Siti, 2017, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, dan Dewan Pengawas Syariah terhadap Manajemen Laba (Studi pada Bank Umum Syariah Indonesia), Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Poerwanto. 2006. New Business Administrastion: Paradigma Baru Pengelolaan Bisnis dalam Era Dunia Tanpa Batas: Teori dan Aplikasi, Pustaka Pelajar Celebaan Timur UH III/548, Yogyakarta.
Pramono, Nindyo dan Paripurna, 2013, Menuju Good Corporate Governance Dalam tata Hubungan Kerja Antar Lembaga di Lingkungan Dapen bum, Makalah, Tidak dipublikasikan, Yogyakarta.
Riana Chrisrel Tumewudan Stanly W. Alexander. 2009. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013.
Riduwan, Sunarto. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Sosial Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4 Bandung: Alfabeta
Syafri, Wirman. 2012.Studi Tentang Administrasi Publik, Jakarta:Erlangga
Samani. 2008. Pengaruh Good Corporate Governance dan Leverage terhadap Kinerja keuangan pada Perbankan yang terdaftar di BEI tahun 2004-2007. Thesis yang di publikasikan.Universitas Dipenogoro, Semarang.
Setiawan dan Ferdiansyah. 2011. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Airlangga.
Shleifer, A dan Vishny, R.W. 1986.Large Shareholders and Corporate Control.Journal of political Economy, Vol. 94, No. 3, pp. 461-
488.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Bisnis Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sukanda, P. P.,& Raharja. (2014). Pengaruh Ukuran Dewan Direksi dan Dewan Komisaris Serta Ukuran Perusahaan Terhadap kinerja Keuangan Perusahaan. Diponegoro Jurnal Of Accounting, Vol, 3(3),1-7
Susiana dan Arleen herawaty. 2007. An alisa Pengaruh Independen, Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Audit Terhadap Integritas Laporan Kuangan. SNA. X. UnhasMakasar. 26-28 Juli 2007.
Syamsuddin, Lukman. 2009. Manajemen keuangan Perusahaan: Konsep aplikasi dalam: Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: Rajawali Pers.
Wibowo, Susanto, 2016, Pengaruh Komisaris Independen, Komite Audit, Dewan Komisaris, Kepemilikan Manajerial, dan Dewan Direksi terhadap Nilai Perusahaan pada Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2011-2015 (Studi Kasus: TOP 10 Perbankan terbaik di Indonesia), Universitas Buddhi Dharma Tangerang.

Downloads

Published

2020-01-02

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>