PELAYANAN PROSEDUR PENDAFTARAN OBJEK PBB DI KANTOR BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Yogik Dwi May Yono Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Nurmalasyiah Nurmalasyiah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong
  • Syahrani Syahrani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

Keywords:

pelayanan, prosedur, pelayanan prosedur, pembuatan PBB, PBB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran bagaimana bentuk Pelayanan Prosedur tersebut berjalan dengan semestinya. Serta apa saja faktor penghambat yang terdapat pada pelayanan prosedur di Kantor Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong. Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskripstif. Adapun yang menjadi tolak ukur partisipasi dalam pembuatan PBB yaitu terdiri dari pihak Kantor Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong yaitu sebanyak 2 orang serta pihak masyarakat 3 orang. Dengan  menggunakan teknik observasi, wawancara dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelayanan prosedur sudah berjalan baik. Jika di lihat dari teori Zeithmal (dalam Kurniawan 2005: 24) terdapat beberapa faktor antara lain: 1. Tidak tahu apa sebenarnya yang diharapkan oleh masyarakat 2. Pemberian ukuran yang salah dalam pelayanan masyarakat 3. Keliru dalam penampilan diri dalam pelayanan itu sendiri dan 4. Ketika membuat perjanjian terlalu berlebihan atau pengobralan sama sekali tidak terdapat kendala didalamnya dengan kata lain peneliti tidak sependapat dengan teori tersebut, namun terdapat juga kendala yang didapati peneliti antara lain: 1. masyarakat tidak mencantumkan persyaratan pendaftaran objek pbb dengan lengkap 2. tidak melengkapi isian dalam pendaftaran pbb dan 3. tidak melalui loket pendafataran. Hal tersebut dipengaruhi faktor  internal dan eksternal yang kurang diperhatikan.

Kata kunci : pelayanan prosedur, pembuatan PBB

References

DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Batinggi, 1999, Manajerial Pelayanan Umum, Jakarta : Universitas Terbuka.
Aini, Hamdan. 2000, Perpajakan, Jakarta : PT. Bina Aksara.
Alwi, Hasan, dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.
Barata, Atep. 2004. Dasar- dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Elex Media. Komputindo.
Boediono, 2004, Fokrrs Berita, Berita Pajak No. 151 tahun XXXVV 15 Maret 2004.
Brotodihardjo, R. Santoso, 1999, Pengantar Ilmu Hukum Pajak, Bandung : PT. Eresco.
Budiono B., 2003, Pelayanan Prima Perpajakan, Cetakan II, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Lewis, Carol W., and Stuart C. Gilman. 2005. The Ethics Challenge in Public Service: A Problem-Solving Guide. Market Street, San Fransisco: Jossey-Bass.
M. Munir, Manajemen dan Jasa Pelayanan, andi ofset, Jogjakarta 1999.
Manaba, Iskandar, 2004, Laksanakan Self Asessment Itu Dengan Bettar, Berita Pajak No. 151 In’ahun XXXVV15 Maret 2004.
Mardiasmo, 2003, Perpajakan Edisi 2, Yogyakarta : Andi Offset.
Mardiasmo.2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogjakarta: Andi Yogyakarta
Moenir. AS Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta 1992 .
Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Roth, Gabriel Joseph. 1926. The Privat Provision of Public Service in Developing Country, Oxford University Press, Washington DC.
Soemitro, Rahmat, 1990, Asas dan Dasar Perpajakan, Bandung : PT. Eresco.
Soepriyono, Peranan Staf dan Kebijakan Bisnis, BPEE UGM, 1999.
Solihin, Dadang. 2006. Keuangan Publik Pusat dan Daerah.Jakarta:P.T. Artifa Duta Prakarsa.

Internet
The Liang Gie, 2001, Unsur-Unsur Administrasi, Bandung : Karya Kencana. www. MENPAN. Go.id
Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Wikipedia. Pelayanan Publik. http//en.wikipedia.org/wiki/public_service
Sumber lain :
Lampiran KEPMENPAN, No. 63/Kep/Menpan/7/2003, tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
___________ 1999, Asas dan Dasar Perpajakan I, Bandung : PT. Eresco.
___________ 2001, Asas dan Dasar Perpajakan 2, Bandung : PT. Eresco.

Downloads

Published

2019-12-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>